Rumah Bisnis AA Kunto A

the great future is my right

Lokasi, Lokasi, dan Lokasi

Minggu, 26 September 2010, kemarin, bersama Manajemen Nareswari Group, saya berkeliling Kota Kediri, Jawa Timur. Seorang investor ingin membuka franchise Ayam Bakar Larasati.

Beberapa tahap awal sudah ditempuh investor itu. Ia sudah mencicipi menu kami. Ia sudah mempelajari sistem keuangan kami. Ia pun sudah menyodorkan konsep pengembangan bisnis jika proposalnya kami setujui. Giliran terakhir adalah menentukan lokasi yang tepat untuk mendirikan gerai.

Sebelum kami datang, atas panduan kami, ia telah mengirimkan foto beberapa alternatif tempat yang ia survei sendiri. Foto-foto tersebut disertai informasi pendukung berupa alamat, ukuran bangunan, status bangunan, kekuatan listrik, jaringan air, akses parkir, dan kondisi masyarakat di sekitarnya.

Berdasarkan informasi tersebut, kami meluncur ke sana untuk melihat dan menilai lebih dekat tawaran lokasi yang diajukannya.

Kediri adalah kota yang unik. Kota yang sebagian besar penduduknya bekerja di industri rokok ini “terbelah” menjadi dua bagian. Sebagian di sebelah timur Kali Brantas, yakni kota lama, dan sebagian di barat kali, pengembangan kota baru.

Pembelahan ini berbuntut implikasi yang berbeda. Daerah timur kali sudah penuh oleh perkantoran pemerintahan dan swasta, plus pabrik salah satu merek rokok terbesar di Indonesia, pertokoan dan pusat perbelanjaan, dll. Betul-betul kota.

Sedangkan barat kali lebih didominasi oleh pusat-pusat hunian, pusat sekolah, dan pondok pesantren Lirboyo yang terkenal itu. Daerahnya masih lebih lapang dengan pepohonan yang menghiasi pinggir-pinggir jalan. Lalu lintas pun tidak sepadat di timur kali.

Untuk membuka rumah makan, informasi geografis ini sangat vital perannya. Timur kali adalah kota yang sudah jadi. Banyak pemain yang sudah bercokol di sana. Pasarnya sudah terbentuk. Persaingan pun ketat.

Berbeda dengan barat kali yang sedang bertumbuh menjadi kota baru. Masih mencari bentuk. Belum ada pemain. Kesempatan untuk membuka pasar lebih terbuka. Persaingan belum ada.

Itu gambaran lokasi secara global. Ada lagi pertimbangan yang lebih sempit, yakni di mana lokasi persisnya. Kami mencermati bentuk bangunannya, arah hadapnya terhadap arus utama lalu lintas, ketersediaan lahan parkir, dapur, dan bangunan-bangunan di sekitarnya.

Beberapa tempat kami bandingkan. Lokasi yang berada di tikungan kami hindari. Membahayakan pelanggan dan pengguna jalan lain. Nantinya parkir pasti akan mengganggu. Dan doa pengguna jalan yang terganggu oleh parkir kita berdampak buruk bagi aura bisnis.

Lokasi yang akhirnya kami pilih di Kediri memiliki keunggulan dalam beberapa hal. Bangunannya baru, ringan dalam renovasi. Tersedia tempat parkir luas, baik di depan maupun di belakang. Suplai air lancar. Saluran listrik memadai. Tersedia dapur kotor untuk memasak.

Lokasinya pun strategis. Ada di sebuah ruas jalan utama kota, yang selalu ramai sepanjang waktu dari pagi hingga malam. Sampingnya sebuah minimarket waralaba terkenal. Depannya sebuah kampus terkenal pula. Kendaraan pun bakal melaju pelan di sekitar lokasi, potensial untuk menghentikan mereka. Kampus yang terkenal itu juga potensial pasar yang luar biasa.

Di luar lokasi tentu banyak pertimbangan yang kami godog. Namun, seperti banyak keberhasilan bisnis, faktor lokasi menduduki peringkat utama dalam rencana pendirian outlet restoran. Dengan lokasi yang tepat, faktor-faktor lain seperti produksi dan pemasaran akan terdukung.

Selamat memilih lokasi yang tepat untuk bisnis Anda.

Salam unggul,

AA Kunto A

[kunto@nareswari.com; www.nareswari.com]

September 28, 2010 - Posted by | BUSINESS PLAN, FRANCHISE

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: